Rachmawati Nilai Film Soekarno Karya Hanung seperti Sinetron


Selasa, 24 Desember 2013 21:57 wib

Egie Gusman - Okezone

Ario Bayu sebagai Soekarno, dan Lukman Sardi sebagai Hatta di film Soekarno: Indonesia Merdeka


Ario Bayu sebagai Soekarno, dan Lukman Sardi sebagai Hatta di film Soekarno: Indonesia Merdeka

JAKARTA - Salah satu putri Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri (63) menilai Hanung sudah menghilangkan nilai sejarah perjuangan Soekarno dengan cerita sinetron di film Soekarno: Indonesia Merdeka.


"Hanung mereduksi history menjadi sekadar story. Ini bukan film sejarah. Ini sinetron kacangan versi layar lebar," ujar Rachmawati Soekarnoputri dalam rilis yang diterima Okezone, Selasa (24/12/2013).


Rachma juga mengatakan film Soekarno adalah salah satu cara membunuh karakter Bung Karno.


"Seperti dikatakan Bung Karno: Soekarno to kill Soekarno atau menggunakan label Soekarno untuk membunuh Soekarno," kata Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Soekarno itu lagi.


Wanita kelahiran Jakarta, 27 September 1950 ini juga mengatakan film Soekarno adalah salah satu cara membunuh karakter Bung Karno.


"Seperti dikatakan Bung Karno: Soekarno to kill Soekarno atau menggunakan label Soekarno untuk membunuh Soekarno," ujarnya.


Rachmawati mengapresiasi Pengadilan Tata Niaga Jakarta Pusat memutuskan melarang film yang diproduseri Raam Punjabi selaku pimpinan Multivision Pictures itu sampai ada keputusan final mengenai hak cipta. Namun, ia menyayangkan penegakan hukum di Indonesia yang lemah saat eksekusi.


"Ini preseden buruk bagi penegakan hukum di Indonesia," ungkapnya.


(tre)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry