Gelar Tedak Siten, Ayu Dewi Ingin Lestarikan Budaya Indonesia


Minggu, 29 Desember 2013 14:37 wib

Alan Pamungkas - Okezone

Ayu Dewi dan Regi Datau (Foto: Alan Pamungkas/Okezone)


Ayu Dewi dan Regi Datau (Foto: Alan Pamungkas/Okezone)

JAKARTA - Ayu Dewi ingin sang buah hati bernama Aqilah Dewi Humairah (9 bulan) mengenal budaya yang ada di Indonesia.


Sehingga ia mulai membiasakan anaknya menggelar upacara adat walau belum genap satu tahun. Dan, hari ini pun Dewi bersama suaminya, Regi Datau menggelar upacara Tedak Siten (turun tanah) untuk memperingati putrinya yang sudah bisa berjalan dengan merangkak.


Dewi mengungkapkan, upacara yang sarat dengan kebudayaan Jawa ini sekaligus untuk melestarikan budaya Indonesia yang sudah jarang terlihat dilakukan oleh masyarakat Indonesia sendiri.


"Kita mau menjunjung tinggi kebudayaan, buat ke depannya semakin menghargai kebudayaan, supaya bisa menghargai perbedaan juga. Kita enggak mau dia jadi gak sopan sama orangtua. Ajaran barat bagus, tapi yang diserap hanya yang penting aja," ungkap Ayu saat diteumi di Grand Hyatt, Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (29/12/2013).


Sedangkan Regi Datau yang punya keturunan Gorontalo tak tahu tradisi Tedak Siten. "Saya sebnernya kurang begitu paham ya, tapi saya denger artinya bagus, pada prinsipnya semua merepresentasikan semua hal yang insya Allah untuk kebaikan Aqilah," harapnya.


(tre)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry