Pemerintah Ingin Hari Film Nasional Tak Hanya Seremonial Saja


Kamis, 27 Maret 2014 07:11 wib | Egie Gusman - Okezone




Marie E Pangestu (Foto: Okezone)Marie E Pangestu (Foto: Okezone) JAKARTA - Dengan mengusung tema Bangga Film Indonesia, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Badan Perfilman Indonesia (BPI) akan menggelar serangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Film Nasional (HFN) ke-64 tahun 2014.


Acara akan digelar di sejumlah kota selama seminggu mulai dari 24 Maret sampai 4 April 2014. Acaranya sendiri berupa roadshow, orasi sinema, diskusi film dan pelatihan. Untuk tahun ini, Semarang dan Banjarnegara dipilih sebagai tuan rumah untuk roadshow dan diskusi film 9 Summer 10 Autumns dan Sagarmatha.


"Kita sama-sama Kemenparekraf dan Kemendikbud acara peringatan hari film, ini momentum baik untuk memaknai film nasional tidak boleh mati," ujar aktor Alex Komang saat ditemui di Balairung Soesilo Soedarman, Kemenparekraf, Jl. Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (26/3/2014)


Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka, hari film ini harus ada terus. Namun, bukan hanya sekedar perayaan saja, melainkan dijadikan refleksi untuk membangun perfilman Indonesia menjadi lebih baik.


"Hari film kita ingin ada terus menerus, ini bukan sekadar perayaan, tapi harus jadi sesuatu, harus jadi hari untuk refleksi atas apa yang kita capai. Harus dijadikan sebagai dasar untuk membangun berbagai aspek film dan bangkitkan apresiasi penonton," papar Mari.


(rik)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.