Saksi Pastikan AQJ Tak Mabuk Sebelum Kecelakaan


Rabu, 16 April 2014 13:50 wib | Alan Pamungkas - Okezone




AQJ (Foto: Edi/Okezone)AQJ (Foto: Edi/Okezone) JAKARTA - Sidang lanjutan kecelakaan nahas Tol Jagorawi KM 8+200 dengan terdakwa AQJ di gelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Rabu (16/4/2014).


Sidang digelar dengan agenda keterangan dari para saksi. Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan dua orang saksi, yaitu Diva Maharani, sahabat AQJ yang mengetahui keberadaan terdakwa sebelum kejadian nahas itu. Selain Diva, ada pula petugas Jasa Marga bernama Makmur yang ikut menjadi saksi.


Pada tanggal 7 September 2013, malam sebelum kejadian, Diva bersama AQJ dan dua teman lainnya, Noval dan Arin makan malam di Safe House di Grand Indonesia hingga pukul 23.00 WIB. Hakim yang diketuai oleh Kaswanto itu menanyakan, apakah saat itu AQJ makan dan minum minuman beralkohol.


"Dari temannya AQJ (Diva) dia hanya mengetahui kejadian sebelum kecelakaan. Bagaimana kondisinya AQJ saat itu, baik-baik. Apa yang di malam itu, apakah ada yang dia (AQJ) minum minuman alkohol," kata kuasa hukum AQJ, Lydia Wonsonegoro, usai persidangan.


Diva pun tidak membenarkan pertanyaan dari hakim itu. Menandakan jika AQJ tidak berada di bawah pengaruh alkohol saat terjadi kecelakaan. Selain itu, sepengetahuan Diva, AQJ juga baru sekali itu mengendarai mobil.


"Enggak (di bawah pengaruh alkohol). Baru saat itu juga dia (Diva) melihat Dul menyetir mobil sendiri, selebihnya dia tahu Dul sering diantar jemput supir," lanjut Lydia.


AQJ didakwa dengan Pasal 310 ayat 4, 3 dan 2 Undang-undang Lalu Lintas dengan ancaman pidana maksimal enam tahun penjara. Namun, karena AQJ di bawah umur, ancaman dikurangi separuh menjadi tiga tahun penjara.


Sidang kali ini berlangsung tertutup. Saat proses persidangan, AQJ di dampingi sang ibu, Maia Estianty dan tak terlihat sosok Ahmad Dhani. Usai persidangan, AQJ dan Maia pun enggan memberikan keterangan soal persidangan kali ini.


(rik)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.