Perjalanan Mencari Jejak Islam di Tanah Eropa


99 Cahaya di Langit Eropa (Foto: ist)99 Cahaya di Langit Eropa (Foto: ist) JAKARTA - Hanum Salsabiela Rais (Acha Septriasa) dan Rangga Almahendra (Abimana Aryasatya) merupakan seorang suami istri yang tinggal di Vienna, Austria. Hanum meninggalkan Indonesia untuk menemani sang suami untuk kuliah di Vienna University of Economic and Business.


Dalam 99 Cahaya di Langit Eropa part 1, Hanum dikenalkan sejarah kebudayaan Islam di tanah Eropa oleh Fatma (Raline Shah), seorang warga negara Turki yang di tinggal di Vienna. Namun kali ini, Fatma telah pulang ke Turki untuk mengurusi putrinya yang jatuh sakit bernama Ayse (Geccha Qheagaventa).


Setelah ditinggal Fatma, Hanum yang bekerja sebagai reporter menuliskan perjalanannya di tanah Eropa kepada Fatma. Dengan harapan, cerita sejarah Islam bisa membuat Asye sembuh dari penyakitnya.


Disisi lain, Rangga sangat serius untuk meraih gelar doktor. Ia berteman dengan seorang atheis yang memiliki pandangan luas bernama Stefan (Nino Fernandez) dan pria religi yang Fundamental bernama Muhammad Khan (Alex Abbad) berasal dari (Pakistan).


Khan selalu bermusuhan dengan Stefan tentang agama. Rangga selalu menjadi penengah di antara keduanya. Selain itu ada wanita cantik bernama Maarja (Marissa Nasution) yang ingin dekat dengan Rangga.


Selain perjalanan Hanum, film ini juga menampilkan konflik antara Rangga dan Hanum. Konflik bermula dari kepergoknya Rangga berpelukan dengan Maarja oleh Hanum di perpustakaan kampus. Parahnya hal itu terjadi saat di ulang tahun Hanum.


Rangga yang terkenal sebagai pria yang setia harus pusing dengan main oleh marahnya Hanum. Bagaimana pun Ia sangat mencitai sang istri yang rela menemaninya kuliah.


Rangga pun merasa diplomatis, karena harus mengikuti pesta yang diselenggarakan sang profesor. Dalam undangan itu, Rangga harus menghadiri dengan Maarja.


Berbagai cara harus Rangga lakukan untuk membuat sang istri bahagia. Ia pun memnyiapkan tiket perjalanan khusus ke Cordoba, Spanyol. Berbagai macam konflik terjadi, Stefan dan Khan yang sering perang urat saraf harus mengalami perperangan hebat.


Stefan pun harus masuk rumah sakit karena tertimpa musibah. Khan pun tertegur hatinya untuk membantu sahabatnya itu. Penonton akan banyak menyakisikan konflik yang lebih pelik di bandingan film pertamanya.


Film garapan Guntur Soeharjanto itu akan menampilkan perjalanan panjang Hanum dan Rangga di tanah Eropa. Bagaimana sejarah Islam yang berceceran di tanah Eropa. Perjalanan panjang Hanum dan Rangga di Istanbul Turki menggugah hatinya sesaat sebelum pulang ke Tanah Air akan ditunjukan diakhir penayangan. Film dibawah naungan Maxima Pictures ini akan dirilis pada tanggal 6 Maret 2014 di seluruh bioskop Tanah Air.

(rik)