Alasan Riri Riza Kembali ke FFI


PALEMBANG - Riri Riza dan Mira Lesmana kembali mengikuti ajang Festival Film Indonesia (FFI). Padahal, beberapa waktu lalu Riri dan Mira pernah memboikot ajang ini dengan alasan sistem penilaian dan penjurian di FFI.


Kini, produser dan sutradara itu kembali mengikuti ajang FFI 2014 dan mendaftarkan film Sokola Rimba untuk bertarung. Penilaian, dan penjurian yang terbuka menjadi alasan Riri tergugah kembali mengikuti ajang ini.


"Saya merasakan seperti masuk ke dalam satu gedung besar. Kini ada undang-undang semua sudah terbuka ada expert yang menilai. Ada janji yang lebih baik lewat sebuah ajang seperti ini, akhirnya mbak mira mendaftarkan Sokola Rimba," kata Riri saat menerima Piala Citra, di PSCC, Palembang, Sumatera Selatan.


Tidak hanya itu, kini film sudah dinaungi lewat undang-undang. Hadirnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu parameter meningkatnya kualitas industri film.


"Pak Jokowi presiden kita, era baru, kita ingin mengasih tahu ke beliau bawa ada era baru dalam sebuah film," tandasnya.


Keikutsertaannya kali ini membawa hasil positif, Riri mendapat Piala Citra lewat nominasi Penulis Skenario Adaptasi Terbaik.