Nenek Lukman Sardi Meninggal di Usia 90 Tahun


Kamis, 10 Oktober 2013 17:37 wib

Maria Cicilia Galuh - Okezone

Hadidjah dalam film Alang-Alang tahun 1939 (foto: ist)


Hadidjah dalam film Alang-Alang tahun 1939 (foto: ist)

JAKARTA – Hari ini, Indonesia kehilangan tokoh besar perfilmannya yakni, Hadidjah. Hadidjah yang tidak lain adalah ibu kandung maestro biola Indonesia, Idris Sardi meninggal dunia pada pukul 05.45 WIB dalam usia 90 tahun. Nenek dari aktor Lukman Sardi ini, dimakamkan siang tadi di Pemakaman Menteng Pulo, Jakarta Pusat Pukul 13.00 WIB.


Selain keluarga besar Idris Sardi, Fadli Zon yang merupakan sahabat karib Idris juga turut mengiringi proses pemakaman Hadidjah.


Hadidjah, lahir dari keluarga seniman pasangan Habibah dengan Harun Seman. Sama seperti kedua orangtuanya, Hadidjah juga terjun ke dunia seni.


Wanita kelahiran 13 Juni 1923 ini, memulai karir beraktingnya sejak tahun 1930-an. Dia pun sering menjadi pemeran utama, seperti dalam film, Alang-Alang (1939), Roesia si Pengekor (Hadji Saleh) (1939), Matjan Berbisik (1940), Rentjong Atjeh (1940), Si Gomar (1941), Singa Laoet (1941), dan Srigala Item (1941).


Film Alang-Alang yang sangat sukses saat itu. Bahkan, Hadidjah sampai mendapat julukan “Jungle Wowan” karena aktingnya, dan Mochamad Mochtar, lawan mainnya mendapat disebut sebagai “Tarzan van Java”.


Dalam film Cucu (1973), Hadidjah bermain bersama Halida Hatta (putri Bung Hatta). Selain di dunia film, Hadidjah juga memiliki bakat bernyanyi, menari dan teater. Atas dedikasinya di dunia seni dan perfilman, Hadidjah mendapatkan penghargaan dari Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin.


Kini, Indonesia telah kehilangan satu lagi tokoh besar dunia seni dan perfilman. Semoga totalitas dan dedikasi Hadidjah dapat menjadi inspirasi dan ditiru oleh generasi masa kini.


(gal)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry