Dalang Cilik Ini Senang Bisa Hibur Presiden SBY


Selasa, 8 Oktober 2013 21:43 wib

Edi Hidayat - Okezone

Zaky Paundra si 'dalang cilik' (Foto: Ist.)


Zaky Paundra si 'dalang cilik' (Foto: Ist.)

JAKARTA - Paundra Zachary Sam atau Zaky Paundra (10) memutuskan menekuni profesi dalang. Sebuah pilihan yang ‘tak lazim’ di anak-anak seusianya.


Zaky sebelum bisa mencapai mimpinya, sempat mendapat tentangan dari orangtuanya, Samsul dan Diah. Namun, berkat kerja kerasnya memperlihatkan keseriusan mendalang, akhirnya orangtua pun luluh.


Anak kelahiran 3 juni 2003 kini semakin memantabkan diri sebagai Dalang Cilik setelah belajar menekuni ilmu dalang di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang dimentori Pak Margono dan Pak Pur selama hampir dua tahun.


“Saya suka dalang awalnya sering nonton dalang wayang kulit di TVRI semalam suntuk. Saya lihat jadi dalang hebat juga ya,” kata Zaky saat ditemui di TMII, Jakarta Timur, beberapa hari lalu.


Pengalaman paling berkesan selama jadi dalang, bagi Zaky saat memainkan wayang kulit di TMII yang dihadiri Sri Mulyani (Mantan Menteri Keuangan), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan perwakilan dari Kedutaan Besar negara-negara sahabat.


“Paling senang bisa ngedalang di depan Pak SBY. Yang penting saya senang bisa melestarikan budaya Indonesia,” ujarnya.


Siswa kelas 6 SD Angkasa 1 Halim Perdana Kusuma ini tak merasa kesulitan mengimbangi sekolah dengan kegiatan dalangnya.


“Kepala sekolah saya sangat mendukung,” ujarnya.


Samsul, ayahanda Zaky mengaku akan terus mendukung kegiatan positif anaknya ini. Setiap ada gelaran wayang, Zaky selalu didorong untuk meramaikannya.


“Baru-baru ini Zaky ingin menyanyi lalu kami ikutkan latihan vokal di Purwacaraka,” kata Samsul.


(tre)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry