Tak Ada Gus Dur, Ahmad Dhani Tetap Loyal pada PKB


Artis Ini Blakblakan tentang Pilihannya di Pemilu


Rabu, 09 April 2014 21:42 wib | Elang Riki Yanuar - Okezone




Ahmad Dhani (Foto: Okezone)Ahmad Dhani (Foto: Okezone) JAKARTA - Sosok KH Abdurahman Wahid alias Gus Dur merupakan salah tokoh panutan bagi Ahmad Dhani. Kedekatan itu pula yang membuat pilihan politik Ahmad Dhani condong ke partai bentukan Gus Dur, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).


Ahmad Dhani memang sering terlihat hadir setiap kali PKB punya hajat. Termasuk saat pemilu. Dhani pun mengaku sudah sering terlibat di PKB sejak Pemilu 1999, 2004 hingga 2009.


Namun, baru di Pemilu 2014 bos Republik Cinta Manajemen (RCM) ini mau terang-terangan menyerukan orang memilih PKB dengan menjadi juru kampanye. Dhani beralasan, PKB satu-satunya partai yang menjunjung tinggi ajaran Gus Dur.


"Saat ini, perjuangan pluralisme Pancasila belum benar-benar ditegakkan. Cuma PKB partai yang menggerakan pluralisme sesuai ajaran Gus Dur. Saya dari 1999, 2004, 2009 enggak resmi. Baru sekarang resmi," ujar Dhani di kediamannya di kawasan Pondok Indah, Jakarta.


Padahal, di berbagai daerah pendukung Gus Dur menolak wajah Gus Dur dijadikan alat kampanye PKB. Mereka masih tak terima dengan pengkhianatan yang dilakukan Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar terhadap Gus Dur dulu.


PKB saat itu dilanda konflik terpecah dua bagian, versi Muhaimin dan versi Gus Dur yang diketuai Ali Masykur Musa. Namun, PKB versi Muhaimin akhirnya dinyatakan sebagai peserta sah Pemilu 2009.


Gus Dur pun harus terdepak dari partai yang dulu dia dirikan bersama para ulama. Bara itu seolah terus membekas di hati pendukung Gus Dur mengingat Muhaimin masih keponakan Presiden ketiga Indonesia itu.


Tapi, Ahmad Dhani tentu punya alasan sendiri atas pilihan politiknya. (rik)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.