Obati Penyakit, Pak Raden Pilih Pengobatan Alternatif


Kamis, 3 Oktober 2013 22:24 wib

Isnaini - Okezone

Pak Raden (Foto: Okezone)


Pak Raden (Foto: Okezone)

JAKARTA - Siapa tak kenal dengan Pak Raden, tokoh berkumis tebal lengkap dengan blangkon dan jas hitam khas pakaian daerah, di serial film anak Unyil.


Sosok ceria, bersemangat dan tegas itu kini tak terlihat lagi. Tubuh tuanya kini menderita penyakit dan harus rutin menjalani perawatan.


Dengan tongkat panjang, dan dibantu seorang asisten, Pak Raden berjalan menuju sebuah rumah tempatnya akan menjalani perawatan.


Meski terlihat berjalan tergopoh, sesekali Pak Raden masih sempat menegur sejumlah wartawan yang mendekatinya.


"Wah, sudah ramai ini. Tunggu saya berjalan pelan sebentar ya," ujar Pak Raden dengan nada intonasi ciri khas miliknya saat ditemui di tempat pengobatan alternatif H Dimas Bumiaji, di Jalan Rukem, Rawamangun, Jakarta Timur, Kamis (3/10/2013).


Pria dengan nama asli Suyadi ini, kini kesulitan berkarya. Hobi sekaligus mata pencahariannya dari bidang seni sulit ia lakoni lagi lantaran penyakit persendian yang dideritanya sejak lama.


Padahal, boleh dikatakan, sebagai seniman, karya-karya dalam bentuk lukisan, coretan, dan mendongeng adalah sumber penghasilan utamanya.


Berdasarkan penjelasan dokter kepadanya, Pak Raden mengaku penyakit yang ia derita bernama osteoartritis, sebuah penyakit pada sendi tulang.


"Istilah populernya, encok. Dulu waktu di televisi saya sering mengeluh encok, tapi itu cuma akting. Sekarang saya benar-benar merasakan, dan bahkan sangat sering. Mungkin karena umur," canda pria berusia 80 tahun itu.


Untuk mengobati penyakitnya itu, ia sudah melakukan berbagai upaya, mulai dari pengobatan medis, hingga berbagai pengobatan alternatif. Namun usahanya itu seolah sirna begitu saja, dan penyakit tersebut tetap menghalanginya untuk kembali berkarya.


"Nah sekarang ini saya datang berobat juga untuk sembuh, agar saya siap berkarya lagi. Sejauh ini, setelah sekali terapi, saya lihat ada kemajuan. Semangat saya untuk berkarya kembali kuat," tutur Pak Raden optimis.


H Dimas Bumiaji, yang memberikan perawatan dan terapi kepada Pak Raden mengatakan, pengobatan yang ia lakukan didasarkan kecintaannya terhadap tokoh besar dalam serial film Si Unyil tersebut.


"Dia ini idola saya, saya juga sempat lihat dia ada masalah dengan royalti film tersebut. Karena itu saya tergerak untuk membantu. Intinya saya ingin idola saya ini berkarya lagi," ujarnya.


(rik)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry