Ayu Dyah Pasha Ajak Generasi Muda Lestarikan Batik


Rabu, 2 Oktober 2013 21:40 wib

Egie Gusman - Okezone

Ayu Dyah Pasha (Foto: Egie/Okezone)


Ayu Dyah Pasha (Foto: Egie/Okezone)

JAKARTA - Dalam rangka peringatan Hari Batik, aktris Ayu Dyah Pasha bersama Ikatan Pencinta Batik Nusantara (IPBN) untuk ketiga kalinya menggelar acara "Pemilihan Putra-Putri Batik Nusantara 2013.


Tujuan digelar acara ini tentunya dalam rangka melestarikan batik Indonesia. Ayu sendiri bertindak sebagai ketua penyelenggara.


Untuk kriteria pesertanya, Ayu lebih menekankan untuk remaja baik putra maupun putri yang berusia 18-25 tahun. Dengan tinggi badan 172 cm untuk pria dan 165 cm untuk putri.


"Putra putri Indonesia dengan batik tak bisa dipisahkan. Generasi muda itu tongkat estafet mengembangkan batik lebih kreatif. Proses pemilihan tahap pertama tahap finalis terpilih dari 57 semi finalis diuji dan ada tes bahasa juga wawancara dilihat kemampuan mereka dari kesenian hingga olahraga. Terpilih 14 putra dan 14 putri," jelas Ayu saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (2/10/2013).


Diakui Ayu, keterlibatannya di acara ini guna mengajak para generasi muda Indonesia mau menggemari dan melestarikan kain batik.


"Saya ingin masyarakat, terutama generasi muda lebih aware terhadap batik. Kalau bukan generasi muda yang melestarikan siapa lagi," pungkasnya.


(rik)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry