Jenazah Chaerul Umam Disambut Din Syamsudin


Jum'at, 4 Oktober 2013 12:00 wib

Alan Pamungkas - Okezone

Chaerul Umam (Foto: Alan Pamungkas)


Chaerul Umam (Foto: Alan Pamungkas)

JAKARTA - Jenazah Chaerul Umam disemayamkan di Pusat Dakwah Muhammadiyah Jl. Menteng Raya No 62, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2013).


Keluarga, dan teman terdekat almarhum memenuhi ruang utama untuk mengantarkan almarhum menuju peristirahatan terakhirnya.


Ketua PP Muhammadiyah, Din Syamsudin, hadir sejak awal acara. Dia pun memberikan doa serta nasihat kepada keluarga yang ditinggalkan.


"Ini menjadi nasihat, dan pelajaran kita, tadzkirah kita ini mejadi pelajaran untuk kita semua," kata Din Syamsudin saat memberikan doa.


Chaerul Umam adalah salah satu pengurus di PP Muhammadiyah. Almarhum mengemban tugas sebagai ketua bidang seni, dan budaya Muhammadiyah.


"Saya memohon kepada keluarga, disemayamkan diistirahatkan sejenak di sini. Di pusat dakwah ini, almarhum adalah tokoh dan pejuang ketua seni dan budaya Muhammadiyah," ungkapnya.


"Bagi Muhammadiyah menjadi sosok dan teladan, di tengah seni dan budaya Indonesia yang tuna nilai," tutup dia.


Almarhum meninggal di RS Islam Pondok Kopi, Jakarta Timur, Kamis 3 Oktober 2013, pada pukul 15.18 WIB. Almarhum Chaerul Umam meninggal usai berjuang dengan stroke, dan diabetes. Almarhum meninggalkan satu istri, tiga anak, dan dua cucu.


Nama Chaerul Umam tentu sudah tidak asing lagi bagi sineas Tanah Air. Puluhan film dan berbagai penghargaan pernah diraihnya. Beberapa film yang pernah disutradarainya di antaranya, Sepasang Merpati (1979), Tiga Sekawan (1975), Kejarlah Daku Kau Kutangkap (1986), Ramadhan dan Ramona (1992), Fatahillah (1997), Ketika Cinta Bertasbih (2008), dan Ketika Cinta Bertasbih 2 (2009).


(nsa)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry