Presiden JYP Entertainment Promosi Sambil Curhat

SEOUL – Berbagai cara dapat dilakukan untuk melancarkan promosi, salah satunya melalui media sosial. Itu tampaknya dipahami betul oleh Presiden JYP Entertainment, Park Jin Young (J.Y Park).



Lewat akun SNS-nya, JYP mengisahkan asal mula karier G.Soul, artis JYP Entertainmnet yang akhirnya debut setelah 15 tahun menjadi trainee.


Di awali dengan kalimat, "15 tahun gairah", JYP bercerita mengenai perjumpaan pertamanya dengan G.Soul yang saat itu masih duduk di bangku kelas 6 SD, kesulitan-kesulitan yang harus mereka hadapi, serta keputusan besar yang diambil G. Soul untuk tetap tinggal di Amerika.


"Pada 2001 aku bertemu seorang anak laki-laki. Anak kelas 6 SD yang terlalu pemalu bahkan untuk menatap mata orang. Namun, semua orang terkejut bagaimana lidahnya mampu melantunkan musik yang begitu berjiwa. Berasal dari keluarga miskin, ia menyimpan uang bisnya untuk membeli kaset Boyz II Men. Ia mendengarkan kaset itu setiap hari hingga pitanya keluar, dan musiknya tertanam dalam jiwa anak ini.


Terkejut dengan talentanya, aku mengirim anak ini ke Amerika untuk belajar. Aku hanya dapat mendanainya dengan banyak uang karena ia hanya seorang trainee, namun ia mampu mengatasi segala kesulitan dan tumbuh, dan musiknya berkembang sampai di titik dimana pasar Amerika terkejut ketika mendengarnya bernyanyi. Ia tadinya hampir debut di Amerika dengan salah satu produser kenamaan. Namun, dalam prosesnya, masalah yang dialami Lehman Brothers memengaruhi semua label Amerika untuk tidak mengambil resiko besar. Proyek JYP merupakan salah satu di antaranya. Kami memutuskan untuk kembali ke Korea.


Anak ini ingin tinggal (di Amerika). Ia mengatakan ia butuh banyak belajar. Aku berusaha mengatakan padanya jika ia ingin debut di Korea ia dapat mencapai puncak dengan semua kelebihannya tapi ia memilih untuk tinggal.


Dengan keterbatasan dukungan dari perusahaan, ia mengarungi musik underground Amerika. Anak ini, setelah sembilan tahun belajar, kembali dengan 20 lagu yang ia produksi sendiri dan aku tidak dapat memercayai hal itu. Anak pemalu dari 20 tahun lalu telah berubah menjadi artis yang luar biasa.


Masa lalunya, kemiskinan, dan kesendirian yang ia rasakan, tak ada satupun yang mampu menghentikan hasratnya pada musik. Semuanya, aku ingin mengenalkannya pada kalian semua. G. Soul," demikian seperti dilansir koreaboo.com.


Sementara itu, G. Soul yang dijadwalkan debut pada 19 Januari 2015, telah melepas teaser video dan lagu pertamanya ‘Coming Home’ lewat akun resmi JYP Entertainment di Youtube pada 9 Januari.