Dituding Plagiat, YG Entertainment Pertimbangkan Langkah Hukum


SEOUL – Beberapa hari belakangan dunia K-Pop sedang dihebohkan oleh isu plagiat yang dialamatkan pada Taeyang, salah satu member boy group Big Bang. Seorang penyanyi bernama Derrick Bullock mengklaim bahwa lagu hits Taeyang, Eyes, Nose, Lips, merupakan hasil plagiat dari lagu miliknya yang berjudul Change Me.


Mula-mula Bullock mengunggah Change Me di YouTube pada 31 Juli 2014. Dalam keterangannya, Bullock menuliskan, "Dokumentasi single Derrick Bullock (ditulis empat tahun lalu) dan tanggal video dibuat sejak 2008 berisikan aku membuat lagu ini. Ini bukan milik band Korea – ini telah dicuri dariku dan digunakan di Korea empat tahun lalu. Sebelum kamu mengatakan Derrick ia telah mencuri musik ini, lebih baik temukan faktanya dulu. Video dan surat dokumentasi tersedia untuk membuktikan bahwa semua ini milik Derrick Bullock." Tulis Bullock dalam keterangannya.


Setelah menggunggah lagunya di YouTube, Bullock kemudian merilis lagunya di iTunes pada 12 Agustus 2014.


Menanggapi tuduhan tersebut, pihak manajemen Taeyang YG Entertainment kabarnya sedang memertimbangkan untuk mengambil langkah balasan. "Baru-baru ini agensi sedang memertimbangkan masalah tersebut, dan kami sedang menyiapkan langkah balasan (hukum)," ujar perwakilan YG Entertainment. Demikian seperti dilansir Allkpop.