Pakai Sandal Modifikasi, Cara UGB Yakinkan Pasien


Rabu, 06 Agustus 2014 14:34 wib | Alan Pamungkas - Okezone




Pakai sandal modifikasi, cara UGB yakinkan pasien (Foto: Arief)Pakai sandal modifikasi, cara UGB yakinkan pasien (Foto: Arief) JAKARTA - Sidang kasus penipuan dengan kedok pengobatan dengan terdakwa Guntur Bumi menghadirkan saksi seorang wanita bernama Yunita Suwardana. Wanita berhijab itu merupakan mantan karyawan Guntur Bumi yang bekerja dari Mei 2009 hingga 2013.


Menurut Yunita, Guntur Bumi tidak memiliki kemampuan apapun untuk melakukan penyembuhan. Semua telah dipersiapkan agar Guntur Bumi tampak bisa mengobati.


Hal pertama adalah, menyuruh pasien menggunakan sarung dan sandal jepit setelah di dalam ruang pengobatan. Ternyata, sandal tersebut alas kaki yang telah dimodifikasi dengan baterai kotak untuk mengantarkan arus listrik.


Saat menginjak tisu basah yang telah dibasahi, pasien pun merasa tersetrum, seolah ada kajadian magis dari metode pengobatan Guntur Bumi.


"Pengobatan awalnya pakai sandal yang dimodifikasi, dibikin kayak pasien disetrum. Jadi sandalnya ada tombol on-off, bawahnya ada baterai Alkaline. Lalu sandalnya diinjak ke tisu yang dibasahi untuk ada daya setrumnya. Baterai akan tampak kalau sandal dibalik. Pasien tak melihat karena pasien memakai sarung hingga menutup sandal," kata Yunita kepada majelis hakim, di ruang sidang utama PN Jakarta Selatan, Rabu (6/8/2014).


Dari situ, pasien merasa Guntur Bumi punya kemampuan untuk mengobati. Sebab, rata-rata pengobatan alternatif, pasien akan merasa seperti tersetrum jika sedang diobati seorang terapi. Apalagi, lantunan ayat-ayat Alquran yang dibacakan semakin membuat pasien yakin tentang sandiwara itu.


Setelah menjalani seluruh proses pengobatan, Guntur Bumi pun selalu mengeluarkan kata-kata andalannya. Jika dia tidak menjanjikan kesembuhan, Tuhan lah yang bisa menyembuhkan, dan mengangkat seluruh penyakit pasien.


"Pada prakteknya memang beliau tidak pernah menjanjikan kesembuhan. Beliau selalu bilang sama pasiennya kalau kesembuhan itu datangnya dari Allah," tandas Yunita.

(nsa)


Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.