Dengan Adat Jawa, Pernikahan Ika Putri Terasa Sakral




Dengan adat Jawa, pernikahan Ika Putri terasa sakral (Foto: Nurul Arifin)



Dengan Adat Jawa, Pernikahan Ika Putri Terasa Sakral

SURABAYA - Ika Putri telah diperistri Bagus Bayu Suryono Putro dengan akad nikah yang sakral dan menggunakan adat Jawa.

Nuansa Jawa ini sangat kental dengan iringan gamelan, dan ungkapan Pranotocoro di pernikahan yang dihelat di Jalan Darmahusada Indah Selatan, Surabaya.


Setelah prosesi ijab kabul, rangkai acara pernikahan adalah upacara "Panggih Penganten". Dalam prosesi ini, kedua mempelai akan dipertemukan.


Dalam prosesi ini, Ika Putri menggunakan kebaya berwarna putih lengkap dengan sanggul dan riasan ala wanita Jawa. Sementara Bagus juga menggunakan pakaian Jawa berwarna. Keduanya dipadu dengan kain batik.


Setelah prosesi tukar '"embang mayang" kedua mempelai, sang mempelai laki-laki maju satu langkah untuk melakukan prosesi "lempar sirih".


Beberapa bilah sirih yang diikat dileparkan tepat mengenai dada masing-masing. Selanjutnya, prosesi menginjak telur. Sang mempelai perempuan bersimpuh di depan mempelai laki-laki. Kemudian, kaki mempelai perempuan diletakkan dalam sebuah wadah yang berisi telur dan tatanan bunga melati. Telur tersebut diinjak hingga pecah.


Selanjutnya, mempelai perempuan membasuh kaki mempelai laki-laki. Sikap ini menunjukkan bhakti seorang Istri kepada Suaminya. Setelah itu, sang mempelai perempuan ditolong untuk berdiri oleh mempelai laki-laki. Sikap ini melambangkan bahwa laki-laki harus menjunjung tinggi Istrinya bagaimanapun keadaannya.


Acara selanjutnya adalah, Bambang Haryo bersama Istri, orangtua mempelai perempuan, memberikan minum kepada kedua mempelai. Selanjutnya, dengan menggunakan kain "Gulo Kelopo", sang ayah mengantarkan kedua mempelai menuju pelaminan.


Sambil terus diiringi gamelan, prosesi ini terus berlangsung. Sementara, akad nikah Ika Putri dihadiri sejumlah sanak saudara dan kerabat kedua mempelai. Rencananya, resepsi pernikahan akan digelar di Hotel JW Marriot, nanti malam.


"Untuk resepsinya nanti malam di JW Marriott," kata Bunda Ina, manajer Ika Putri, kepada Okezone, Jumat (3/10/2014). (nsa)