Sokola Rimba, Karya Terbaik Mira Lesmana


Jum'at, 8 November 2013 10:17 wib

Alan Pamungkas - Okezone

Salah satu adegan dalam film Sokola Rimba (foto: ist)


Salah satu adegan dalam film Sokola Rimba (foto: ist)

JAKARTA– Mira Lesmana mengaku jika Sokola Rimba, merupakan film terbaik yang pernah dibuatnya.


Film yang diadaptasi dari judul novel karya Butet Manurung itu, memiliki banyak sekali pengalaman baru bagi Mira. Oleh karenanya, film tersebut begitu berarti bagi istri Mathias Muchus itu.


"Semua film punya kesan dan keunikan tersendiri. Tetapi kalau ditanya pengalaman, Sokola Rimba ini banyak sekali banget pengalamannya," ungkap Mira Lesmana saat ditemui di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan, Kamis 7 November 2013.


Dari film tersebut, Mira kembali belajar tentang Indonesia. Mengambil lokasi syuting di Hutan Bukit 12 Jambi, Mira harus beradaptasi dengan segala keterbatasan.


"Yang pasti kemarin dari Jambi, kita tinggal di sana, mandi di sungai. Kita syuting, sudah bisa bikin perkemahan. Setiap tempat di sana, punya keunikannya tersendiri," urai Mira.


Sokola Rimba adalah perjalanan Butet Manurung selama mengajar di Suku Anak Dalam. Perjuangan mengajar bukan lah perkara mudah, selain medan yang berat serta keterbatasan alat, penolakan dari Suku Anak Dalam sendiri menjadi salah satu tantangan dari Butet. Namun berkat semangatnya, meski sempat menyerah dan kembali ke Jakarta, Butet kembali meneruskan pengabdiannya di Suka Anak Dalam.


Di dalam Film Sokola Rimba, Butet Manurung diperankan oleh aktris cantik Prisia Nasution. Selebihnya, Mira Lesmana dan sutradara Riri Reza banyak menggunakan aktor lokal asli Jambi.


(gal)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry