Resah Lihat Tawuran, Harry de Fretes Bikin Lomba Lenong


Rabu, 12 Juni 2013 16:15 wib

Marieska Harya Virdhani - Okezone

Harry de Fretes (Foto: Marieska/Okezone)


Harry de Fretes (Foto: Marieska/Okezone)

DEPOK- Harry de Fretes membuat gebrakan untuk memajukan kesenian Betawi. Salah satunya melalui "Ekspresi Petasan 2013". Petasan sendiri merupakan singkatan Pentas Anak Sekolahan di mana targetnya memang khusus untuk pelajar SD, SMP, dan SMA. Lomba yang ditampilkan yakni lomba tari, menyanyi, dan yang paling mewakili budaya Betawi yakni, lomba lenong.


Artis yang masih eksis bermain sinetron Kontrakan Tiga Pintu ini mengaku peduli dengan budaya khususnya Betawi yang bisa ditularkan kepada generasi muda. Apalagi, saat ini para pelajar justru terlibat dengan kegiatan negatif seperti tawuran, bullying, dan juga narkoba.


"Ini sebuah gawean kecil, karena saya merasa resah banyaknya generasi muda pelajar dikaitkan dengan tawuran, bullying, narkoba. Sebagai seniman saya tergerak untuk melakukan sesuatu apa yang bisa saya lakukan," ungkapnya dalam Konferensi Pers di Depok Town Square, Rabu (12/06/2013).


Sebagai komedian Betawi, kata dia, bagaimana caranya harus mampu membangun budaya menangkal pengaruh luar atau budaya asing yang deras menyerang. Karena itu,, bisa dimulai dengan berpikir yang ringan dulu.


"Dengan lomba, bisa menyalurkan bakat yang terpendam, salurkan uneg - unegnya, ingin ada diekspresikan. Dan Detos satu - satunya pusat perbelanjaan dari sekian banyak mal yang kami kunjungi, yang mau melestarikan budaya Betawi dengan menyediakan tempat untuk lomba lenong ini," ungkapnya.


Harry menjelaskan bahwa pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 1 Mei 2013, sampai saat ini sudah ada 55 grup yang mendaftar. Pendaftaran akan dibuka sampai 15 Juni di Depok Town Square, yang masih melayani peserta lomba.


Satu grup tari minimal tiga orang per grup, untuk grup menyanyi minimal dua orang per grup, dan untuk grup lenong minimal empat orang per grup. Best of the best dari pemenang ajang ini, akan terbang ke Universal Studio di Singapura.


(rik)

mobile Nikmati berita terikini lewat ponsel Anda di m.okezone.com & bb.okezone.com untuk BlackBerry