Reza Rahadian Lelah Lihat Perseteruan Sineas Tanah Air





Reza Rahadian (Foto: Arif/Okezone)



Reza Rahadian Lelah Lihat Perseteruan Sineas Tanah Air

JAKARTA - Reza Rahadian merasa heran masih ada sineas yang bersikap sinis bahkan cenderung anti kepada penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI).

Di mata bintang film Habibie dan Ainun ini, perhelatan FFI setiap tahunnya terus membaik. Reza yang didapuk sebagai Duta FFI 2014 mengklaim penjurian FFI kali ini sama seperti Piala Oscar.


"Ketika ketika masuk dewan juri itu selera, jadi bukan soal politis atau kepentingan lain. Bagi saya pemikiran seperti itu terlalu dangkal. Sekarang proses penjuriannya cukup fair dan rujukannya dari Piala Oscar," ujarnya saat ditemui di Hotel JS Luwansa, Kuningan, Jakarta.


Reza pun mengaku sudah jengah melihat perseteruan antar sineas karena berbeda pendapat soal hasil pemenang FFI. Baginya, sudah saatnya para pelaku industri perfilman bersatu demi kemajuan film Tanah Air.


"Terus terang saya letih melihat kubu-kubuan yang selama ini terjadi. Ada yang mendukung dan ada yang tidak. Menurut saya sebuah festival film jangan dikotak-kotakkan," katanya.


Tahun ini, FFI digelar pada 6 Desember 2014 di Palembang. Hasil penilaian dewan juri film berjumlah 100 orang nantinya akan dikirim ke akuntan publik independen, Deloitte. Dengan begitu, objektivitas hasil penilaian dewan juri diharapkan lebih maksimal.

(rik)