Riset Panjang Jelang Pembuatan Film Hatta


JAKARTA - Rencana pembuatan Film Hatta yang mengangkat kisah Bapak Koperasi Indonesia, Mohammad Hatta ternyata tidak mudah untuk dilakukan oleh tim penulis skenario.


Film yang rencananya akan mulai diproduksi pada Februari 2015 itu harus menjalani serangkaian riset hingga ke negara Belanda hingga satu tahun. Agar sesuai dengan sejarah dan fakta yang ada.


"Banyak hal yang kami dapatkan dari riset di Belanda ini. Termasuk menemukan tempat Hatta di penjara. Di berbagai buku tertulis Bung Hatta dipenjara di Cassius Straat, ternyata dari berbagai sumber literatur di Belanda, Hatta di tahan di jalan Casuarieastraat. Sayang, penjaranya sudah diganti gedung baru," kata penulis skenario Salman Aristo dikawasan Jalan Gatot Soebroto, Jakarta Selatan.


Dalam seminar yang bekerjasama dengan pihak Universitas Paramadina itu, Salman mengungkapkan banyak buku yang dijadikan bahan. Rencanannya, mereka akan mengangkat sosok Hatta secara keseluruhan dalam rentang waktu 1927 hingga 1949.


"Banyak buku yang dijadikan sumber dalam film Hatta, lebih dari 70 buku. Tapi yang menjadi rujukan utama adalah buku memoar Hatta," kata Salman.