IU Jadi Penyanyi Paling Terkenal di Korea


SEOUL – IU didaulat sebagai artis paling terkenal di Korea Selatan, berdasarkan jejak pendapat akhir tahun yang digelar lembaga survei Gallup Korea.


Pada 18 Desember 2014, lembaga survei yang telah berdiri lebih dari 40 tahun tersebut mengungkapkan bahwa IU merupakan penyanyi paling terkenal di Korea Selatan, diikuti dengan artis asuhan SM Entertainment, SNSD. Sedangkan di peringkat ketiga ada girl group SISTAR dan peringkat keempat diisi oleh boy group EXO.


Jika menengok ke belakang, 2014 merupakan tahun super sibuk bagi IU. Selain membantu debut boy group anyar HIGH4 dengan berkolaborasi dalam lagu Not Spring, Love, or Cherry Blossoms, IU juga merilis mini albumnya, A Flower Bookmark, yang terdiri dari tujuh lagu daur ulang.


Tak berhenti sampai di situ, IU juga turut menyumbangkan suara emasnya untuk lagu baru legenda K-Pop, Seo Taiji, Sogyeokdong dan beberapa proyek kolaborasi lainnya dengan Ulala Session, g.o.d, dan Yoon Hyun Sang.


Sementara itu, SNSD yang menempati peringkat kedua kembali masuk ke daftar tiga besar polling setelah sebelumnya sempat mental dari tiga besar pada 2013 lalu. SNSD kembali bersinar dengan album baru mereka Mr.Mr dan album sub group SNSD, Taetiseo, Holler. Selanjutnya, SISTAR nampak cukup bersinar dengan Touch My Body dan I Swear.


Gallup Korea melakukan survei kepada lebih dari 2.000 orang Korea, bertanya pada orang-orang berusia 13 ke atas tentang tiga nama artis Korea favorit mereka. Nama-nama yang disebutkan dalam daftar termasuk penyanyi Lee Seung Chul, Cho Young Pil, Sung Si Kyung, Seo Taiji, Big Bang, Beast, dan g.o.d.